Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Materi Fiqih Di SMA Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar

Husaini, 211325025 (2019) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Materi Fiqih Di SMA Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola    Proses Pembelajaran Materi  Fiqih  Di SMA Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar] Text (Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Materi Fiqih Di SMA Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi adalah aktualisasi dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diwujudkan dalam bentuk perbuatan dalam bertindak dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya, di SMA Negeri 1 Simpang Tiga merupakan sekolah yang baru didirikan, guru kebanyakan belum sertifikasi, metode pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Bagaimanakah kompetensi professional dan paedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan apa yang berlaku saat ini di SMA Negeri Simpang Tiga Aceh Besar. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan angket. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran fiqih di SMA 1 Simpang 3 Aceh Besar belum seluruhnya sempurna, baik dalam hal penguasaan materi, maupun dalam cara menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, Dalam proses pembelajaran, guru tentunya mengalami berbagai kendala- kendala yang dihadapi guru PAI khususnya dalam pembelajaran fiqih tidak ada buku paket yang bervariasi di perpustakaan sekolah, sehingga guru hanya berpedoman pada satu buku paket siswa, selain itu, dari segi fasilitas yang disediakan berupa media ataupun alat peraga juga terlihat masih kurang digunakan, padahal media dan alat salah satu cara efektif untuk memberikan pembelajaran yang membekas dalam ingatan siswa. Kompetensi guru sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah untuk meningkatkan prestasi siswa, berhasil atau tidaknya siswa tergantung bagaimana guru menyampaikan materi dan mengelola pembelajaran. Dengan adanya guru yang mempunyai kompetensi yang bagus akan membuat siswa mudah dalam belajar dan proses pembelajaran menjadi semakin menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Husaini Husaini
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:47
Last Modified: 18 Apr 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28287

Actions (login required)

View Item
View Item