Abu Habib Muda Seunagan Republiken Sejati dari Aceh

Sehat Ihsan Shadiqin, 2008057902 Abu Habib Muda Seunagan Republiken Sejati dari Aceh. II ed. Bandar Publishing, Banda Aceh. ISBN 978-623-449-115-9

[thumbnail of Abu Habib Muda Seunagan Republiken Sejati dari Aceh] Text (Abu Habib Muda Seunagan Republiken Sejati dari Aceh)
Buku - Abu Habib Muda Seunagan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (84MB)

Abstract

Dalam perkembangan Islam di Aceh, telah lahir ulama-ulama yang memiliki pengaruh luas dalam masyarakat. Mereka bukan saja duduk di balai pengajian untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang agamanya, namun juga turut dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Peran sosial ini sudah dimainkan oleh ulama sejak berdirinya kerajaan Islam di Aceh sekitar abad IX masehi dan terus berlangsung sepanjang sejarah Islam di Aceh hingga dewasa ini. Salah satu peran sosial yang sering dimainkan oleh ulama di Aceh adalah gerakan politik. Ulama menjadi salah satu aktor penting sepanjang sejarah politik Aceh. Habib Muda Seunagan atau dikenal dengan nama Abu Peuleukung, Ia hidup di masa penjajahan Belanda hingga masa kemerdekaan Indonesia. Ia mengalami masa perang dengan pasukan kolonial, kerja paksa pada masa Jepang, perang saudara pasca kemerdekaan, hingga politik pemerintah Orde Lama dan Orde Baru. Selain di ladang politik, dalam ranah keagamaan, Ia adalah seorang ulama yang hidup lintas generasi, yang menghadapi dan menyelesaikan pelbagai masalah keagamaan sepanjang masa penjajahan hingga masa kemerdekaan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Abu Habib Muda Seunagan, Republiken Sejati, Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Sehat Ihsan Shadiqin
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:11
Last Modified: 28 Apr 2023 08:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28337

Actions (login required)

View Item
View Item