Reformasi LPTK dalam Konteks Pengembangan PTKIN di Indonesia (Studi pada LPTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Zulfatmi, 2008017502 (2017) Reformasi LPTK dalam Konteks Pengembangan PTKIN di Indonesia (Studi pada LPTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Project Report. UIN Ar-Raniry, Aceh.

[thumbnail of Laporan Penelitian] Text (Laporan Penelitian)
laporan penelitian 2017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

LPTK sebagai lembaga penghasil tenaga pendidik dan tenaga kependidikan menghadapi paling tidak enam masalah diantaranya: Rasio guru murid di Indonesia sangat rendah, dengan kata lain jumlah guru di Indonesia lebih besar dari kebutuhan ideal. Ada dua masalah terkait guru; distribusi yang tidak merata dan kualitas guru. LPTK Sering disalahkan, LPTK sebagai lembaga yang memproduksi guru adalah salah satu lembaga yang sering disudutkan atau harus bertanggung jawab terhadap rendahnya mutu guru. LPTK bukan pilihan utama calon mahasiswa, LPTK belum menjadi pilihan utama calon mahasiswa terbaik, profesi guru belum menjadi profesi favorit utama. Rendahnya mutu pendidikan Indonesia, sejumlah penelitian menunjukkan rendahnya mutu pendidikan Indonesia, meskipun jumlah guru melimpah. Sertifikasi Belum berhasil; Sertifikasi yang dilaksanakan oleh LPTK sebagai instrument untuk mengungkit kualitas dan professionalisme guru belum berhasil memberikan perubahan signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Banyak Guru belum tersertifikasi, Masih banyak guru yang belum tersertifikasi, belum memenuhi kualifikasi dan mismatch. Penelitian ini bermaksud mengkaji secara mendalam dan komprehensif tentang reformasi LPTK dalam konteks pengembangan PIKIN di Indonesia dengan menfokuskan kajian pada LPTK UIN Ar-Raniry dan LPTK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kajian dilakukan untuk melihat struktur kelembagaan, kapasitas dan kualitas SDM Dosen, dan tenaga kependidikan, manajemen pergururn tinggi, system, kurikulum, budaya akademik dan proses pembelajaranya. Kesemua variabel tersebut dirangkum dalam tiga fokus kajian tentang kebijakan, format, tantangan dan peluang reformasi LPTK pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini akan dilakukan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan UIN Malam Malik Ibrahim Malang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfatmi Budiman
Date Deposited: 26 Apr 2023 08:41
Last Modified: 26 Apr 2023 08:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28362

Actions (login required)

View Item
View Item