Relasi Muslim dan Non Muslim di Aceh : Kajian terhadap Persepsi Masyarakat

Muji Mulia, 2027037402 (2015) Relasi Muslim dan Non Muslim di Aceh : Kajian terhadap Persepsi Masyarakat. UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Relasi Muslim dan Non Muslim di Aceh ; Kajian terhadap Persepsi Masyarakat] Text (Relasi Muslim dan Non Muslim di Aceh ; Kajian terhadap Persepsi Masyarakat)
Laporan Penelitian Persepsi Masyarakat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (690kB)

Abstract

Sebagaimana diketahui bahwa keinginan sebagian masyarakat Muslim untuk menerapkan hukum Islam sudah lama diperjuangkan, yaitu sejak bangsa Indonesia memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka. Lahirnya Piagam Jakarta pada tahun 1945 yang kemudian terus diperjuangkan oleh kekuatan politik berasas Islam menunjukkan bahwa semangat Islam begitu kental di Negara Indonesia. Bahkan secara resmi Aceh sudah memproklamirkan diri sebagai daerah yang memberlakukan hukumIslam di Indonesia.Pandangan negative dan sepihak sering diarahkan pada keberadaan hukum Islam di Aceh. Tidak saja dinilai akan memunculkan dualisme hukum dalam satu negara, namun juga hokum Islam (baca: jinayah) dipandang bertentangan dengan prinsip- prinsip hak asasi manusia (HAM). Selain itu, isu- isu terkait gender dan relasi Muslim-Non Muslim kerap pula dihadap-hadapkan dengan keberadaan hokum Islam. Kritikan tersebut tidak hanya datang dari kelompok Non Muslim namun juga dari kelompok Islam sendiri.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muji Mulia Muji
Date Deposited: 26 Apr 2023 01:48
Last Modified: 26 Apr 2023 01:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28365

Actions (login required)

View Item
View Item