Keramik Asia Tenggara Dari Situs Lamreh, Aceh-Indonesia

Marduati, 2016107304 (2020) Keramik Asia Tenggara Dari Situs Lamreh, Aceh-Indonesia. Indonesian Journal of Islamic History and Culture, 1 (1). pp. 51-62. ISSN : 2722-8940

[thumbnail of Keramik-keramik dari Asia Tenggara yang dijumpai di situs Lamreh membutikan bahwa adanya kontak kebudayaan masyarakat internasional Asia Tenggara] Text (Keramik-keramik dari Asia Tenggara yang dijumpai di situs Lamreh membutikan bahwa adanya kontak kebudayaan masyarakat internasional Asia Tenggara)
Keramik Asia Tenggara dalam IJIHC.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi keramik-keramik Asia Tenggara di situs Lamreh, Aceh-Indonesia. Keramik diperoleh dari hasil survei sistematik yang dilakukan pada tahun 2017. Semua keramik yang ditemukan dianalisis untuk menghasilkan sebuah klasifikasi lengkap keramik Asia Tenggara di situs Lamreh. Oleh itu, untuk menjawab permasalahan tersebut maka digunakan dua jenis analisis yaitu analisis morfologi untuk mengetahui jenis, bentuk dan hiasan keramik berdasarkan negara penghasilnya dan analisis perbandingan atau perbandingan relatif untuk menentukan usia keramik. Hasil analisis mendapati keramikkeramik Asia Tenggara di situs Lamreh berasal dari tiga negara iatu Vietnam, Thailand dan Mnyanmar. Jenis keramik Vietnam yang ditemukan ialah keramik monokrom putih dengan motif hitam di bawah glasir yang dihasilkan di dapur Thanh-Hoa abad ke-14 Masehi. Kemudian, jenis keramik Thailand yang ditemukan adalah keramik Sukothai dan SiSatchanalai yang dihasilkan pada abad ke-15 Masehi di utara Thailand. Terakhir adalah kendi hitam Myanmar yang dihasilkan di dapur Martavan pada abad ke-15 Masehi. Keramikkeramik Asia Tenggara dari abad ke-14 sehingga 15 Masehi tersebut adalah bukti nyata tentang kontak kebudayaan dan hubungan ekonomi antara Lamreh-Aceh dengan Asia Tenggara (Vietnam, Thailand dan Myanmar) sejak 700 tahun dahulu.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Marduati Marduati
Date Deposited: 02 May 2023 02:56
Last Modified: 02 May 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28383

Actions (login required)

View Item
View Item