Implikasi Fungsi Kontemporer Persekolahan terhadap Pengembangan Kurikulum

Zulfatmi, 2008017502 (2014) Implikasi Fungsi Kontemporer Persekolahan terhadap Pengembangan Kurikulum. Implikasi Fungsi Kontemporer Persekolahan terhadap Pengembangan Kurikulum, 2 (2): 6. pp. 107-127. ISSN 2337-7151

[thumbnail of Sekolah sebagai  lembaga pendidikan yang mempersiapkan peserta didik tuk membangun kehidupan   di masa mendatang akan berfungsi  optimal jika ~~encanaan dalam penyelenggaraan pendidikan  dapat dilakukan dengan baik. Perencanaan pendidikan termasuk  pengem] Text (Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mempersiapkan peserta didik tuk membangun kehidupan di masa mendatang akan berfungsi optimal jika ~~encanaan dalam penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan dengan baik. Perencanaan pendidikan termasuk pengem)
jurnal islamic studies-implikasi fungsikontemporer-zulfatmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk membangun kehidupan di masa mendatang akan berfungsi optimal jika pencanaan dalam penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan dengan baik. Perencanaan pendidikan termasuk pengembangan kurikulum pendidikan mesti diarahkan pada pencapaian cita-cita pendidikan yang diharapkan oleh suatu kelompok masyarakat. Dalam hal ini terdapat tiga pemikiran tentang fungsi pendidikan yang masing-masing memberi penekanan tersendiri terhadap fungsi sekolah sebagai lembaga penyiapan peserta didik untuk kehidupan masa mendatang, yaitu pendidikan sebagai pemelihara dan pewarisan budaya, pendidikan sebagai instrumen perubahan sosial dan pendidikan sebagai pengembangan individu. Ketiga pemikiran tentang fungsi pendidikan dan persekolahan tersebut memberi implikasi terhadap tujuan pendidikan dan muatan kurikulum yang disarankan.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfatmi Budiman
Date Deposited: 26 Apr 2023 08:26
Last Modified: 26 Apr 2023 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28384

Actions (login required)

View Item
View Item