Zulfatmi, 2008017502 (2014) Implikasi Fungsi Kontemporer Persekolahan terhadap Pengembangan Kurikulum. Implikasi Fungsi Kontemporer Persekolahan terhadap Pengembangan Kurikulum, 2 (2): 6. pp. 107-127. ISSN 2337-7151
jurnal islamic studies-implikasi fungsikontemporer-zulfatmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk membangun kehidupan di masa mendatang akan berfungsi optimal jika pencanaan dalam penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan dengan baik. Perencanaan pendidikan termasuk pengembangan kurikulum pendidikan mesti diarahkan pada pencapaian cita-cita pendidikan yang diharapkan oleh suatu kelompok masyarakat. Dalam hal ini terdapat tiga pemikiran tentang fungsi pendidikan yang masing-masing memberi penekanan tersendiri terhadap fungsi sekolah sebagai lembaga penyiapan peserta didik untuk kehidupan masa mendatang, yaitu pendidikan sebagai pemelihara dan pewarisan budaya, pendidikan sebagai instrumen perubahan sosial dan pendidikan sebagai pengembangan individu. Ketiga pemikiran tentang fungsi pendidikan dan persekolahan tersebut memberi implikasi terhadap tujuan pendidikan dan muatan kurikulum yang disarankan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zulfatmi Budiman |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 08:26 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 08:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28384 |