Pengelolaan Kawasan Situs Prasejarah melalui Peran Serta Masyarakat di Mandale Aceh Tengah

Marduati, 2016107304 Pengelolaan Kawasan Situs Prasejarah melalui Peran Serta Masyarakat di Mandale Aceh Tengah. Jurnal Mimbar Akademika, 6 (2). pp. 71-94. ISSN ISSN: 2527-3256

[thumbnail of Kajian tentang pengelolaan situs Mendale, Takengon berbasis masyarakat] Text (Kajian tentang pengelolaan situs Mendale, Takengon berbasis masyarakat)
Jurnal Mimbar Akademika Pantekulu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)

Abstract

Kajian tentang pengelolaan situs berbasis masyarakat merupakan kajian arkeologi yang melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode penelitiannya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa masyarakat ikut berpartisipasi dalam pengelolaan situs prasejarah. Keterlibatakan dilakukan dalam kelompok masyarakat. Pertama, pihak penyelenggara penelitian atau penemu dari situs prasejarah itu sendiri yaitu dari Balar Medan. Kedua, dari pemerintah setempat, komunitas, dan masyarakat di lingkungan situs telah mengambil bagian untuk melibatkan sendiri dirinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik ikut serta dalampelaksanaan ekskavasi penemuan benda prasejarah maupun melakukan promosi dan atraksi-atraksi untuk menarik jumlah kunjungan. Tujuan menarik jumlah kunjungan ini adalah dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti penting dari situs tersebut.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Marduati Marduati
Date Deposited: 02 May 2023 02:56
Last Modified: 02 May 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28387

Actions (login required)

View Item
View Item