Persepsi Guru Bahasa Inggris Tentang Hidden Curriculum

Siti Khasinah, 2020046903 (2023) Persepsi Guru Bahasa Inggris Tentang Hidden Curriculum. Jurnal Pendidikan Aktual (JPA), 5 (1): 2. pp. 11-20. ISSN 2461-1344

[thumbnail of JPA Volume 5 (1) Januari 2019 ISSN 2461-1344.pdf] Text
JPA Volume 5 (1) Januari 2019 ISSN 2461-1344.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)

Abstract

Guru merupakan unsur penting agar penerapan suatu kurikulum bisa berhasil dengan baik, baik itu kurikulum formal maupun kurikulum informal. Kurikulum jenis kedua ini, dikenal juga dengan istilah hidden curriculum, sangat mungkin mengambil bentuk yang bervariasi di tempat atau sekolah yang berbeda. Penelitian ini, mengambil tempat di sekolah menengah atas di Kota Banda Aceh, memilih beberapa guru Bahasa Inggris sebagai responden untuk mengetahui persepsi mereka terhadap hidden curriculum di sekolah tempat mereka mengajar, yang meliputi relasi guru bahasa Inggris dengan siswa dan staf, relasi antar guru Bahasa Inggris, antar staf, dan antar siswa serta relasi siswa dengan staf, dan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris dan hidden curriculum. Data diperoleh melalui pendistribusian angket yang berisikan tiga indikator dengan sejumlah pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru (94.72%) memberikan persepsi positif tentang pelaksanaan hidden curriculum di sekolah dan madrasah di Banda Aceh.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Siti Khasinah
Date Deposited: 26 Apr 2023 09:27
Last Modified: 26 Apr 2023 09:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item
View Item