Penilaian Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Magang dalam Merencanakan Pembelajaran

Siti Khasinah, 2020046903 (2023) Penilaian Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Magang dalam Merencanakan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Aktual (JPA), 5 (2): 4. pp. 155-162. ISSN 2461-1344

[thumbnail of Penilaian Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Magang dalam  Merencanakan Pembelajaran] Text (Penilaian Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa Magang dalam Merencanakan Pembelajaran)
JPA Volume 5 (2) Juli 2019 ISSN 2461-1344.pdf - Published Version

Download (383kB)

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang hasil penilaian guru terhadap rencana pembelajaran mahasiswa yang dibuat selama proyek magang di MAN Model Banda Aceh. Mereka adalah mahasiswa Program Studi PBI di Fakultas Tarbiyah dan Pengajaran Ar-Raniry Universitas Islam Negeri Banda Aceh yang mengambil mata kuliah English Course Design. Kelas ini memberikan informasi, pengetahuan, dan keterampilan bagi mereka tentang cara membuat rencana pembelajaran atau RPP sebelum mengikuti Kelas Mikro-Teaching. Pada akhir semester, merekadikirim ke sekolah untuk mendapatkan pengajaran yang nyata dari guru sekolah tentang beberapa topik. Dalam program magang, siswa diminta untuk merancang rencana pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 dan kemudian dibimbing dan dinilai oleh guru pamong sebagai bagian dari penilaian untuk Kelas ECD. Ada 7 aspek dari RPP mahasiswa yang dinilai oleh pamong yang mencerminkan kemampuan mereka dalam merancang RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka mendapat kemampuan tertinggi (sangat baik) pada aspek pertama, namun, mereka mendapat kemampuan terendah (baik) pada aspek kelima dan keenam. Data juga menunjukkan bahwa secara umum mereka memiliki kemampuan yang sanagt baik dalam merancang RPP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru pamong menganggap bahwa mahasiswa magang tersebut memiliki kemampuan yang sangat baik dalam merancang RPP.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Siti Khasinah
Date Deposited: 26 Apr 2023 09:33
Last Modified: 26 Apr 2023 09:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28395

Actions (login required)

View Item
View Item