Pembelajaran Berbasis Proyek: Definisi, Prosedur Dan Manfaat

Siti Khasinah, 2020046903 (2023) Pembelajaran Berbasis Proyek: Definisi, Prosedur Dan Manfaat. Jurnal Pendidikan Aktual (JPA), 6 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2461-1344

[thumbnail of Pembelajaran Berbasis Proyek: Definisi, Prosedur Dan Manfaat] Text (Pembelajaran Berbasis Proyek: Definisi, Prosedur Dan Manfaat)
JPA Volume 6 (1) Januari 2020 ISSN 2461-1344.pdf - Published Version

Download (372kB)

Abstract

Artikel ini mengupas beberapa hal terkait Project-Based Learning (PjBL) yang diharapkan dapat membantu pembaca terutama para pendidik untuk bisa menyiasati dan mencari solusi untuk tetap mengajar secara maksimal meskipun memiliki banyak hambatan dalam masa pandemi ini. Beberapa teori tentang Project-Based Learning, definisi, prosedur pelaksanaannya,dan kelebihan metode ini dibahas secara detail agar lebih mudah dipahami para pendidik. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) adalah metode pengajaran yang ampuh yang memiliki banyak manfaat bagi peserta didik, mulai dari manajemen proyek hingga kepercayaan diri. Pembelajaran model ini terkait dengan peningkatan yang signifikan dari pencapaian hasil belajar peserta didik, keaktifan dan keterlibatan mereka dalam belajar. PjBL juga memberikan kesempatan kepada guru untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan peserta didiknya dengan bertindak sebagai fasilitator, pelatih, dan pembimbing, bukan sekadar sebagai guru dalam pembelajaran. Intinya, PjBL adalah metode pembelajaran di mana peserta didik belajar secara mandiri dan berkolaborasi dengan orang lain dan "belajar sambil melakukan."

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Siti Khasinah
Date Deposited: 26 Apr 2023 09:41
Last Modified: 26 Apr 2023 09:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28397

Actions (login required)

View Item
View Item