Tathwiir At-Thariiqah At-Ta'liimiyyah 'ala Asas Al-Madkhal Al-Insani wa Thariiqah Al-Mubaasyarah Litarqiyah Qudrah At-Thalabah 'ala Takallum Al-Lughah Al-'Arabiyyah bi MAN 3 Kota Banda Aceh

Annisa Fitri, 201003087 (2023) Tathwiir At-Thariiqah At-Ta'liimiyyah 'ala Asas Al-Madkhal Al-Insani wa Thariiqah Al-Mubaasyarah Litarqiyah Qudrah At-Thalabah 'ala Takallum Al-Lughah Al-'Arabiyyah bi MAN 3 Kota Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Ini merupakan Tesis yang membahas tentang Pengembangan Metode Pembelajaran berdasarkan pendekatan humanistik dan metode langsung untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab di MAN 3 Kota Banda Aceh] Text (Ini merupakan Tesis yang membahas tentang Pengembangan Metode Pembelajaran berdasarkan pendekatan humanistik dan metode langsung untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab di MAN 3 Kota Banda Aceh)
Tesis_Annisa Fitri_201003087.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Keterampilan berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa dan memiliki peran penting dalam belajar bahasa Arab bagi penutur asing. Fenomena yang terjadi di MAN 3 Kota Banda Aceh adalah siswa belum mampu berbicara bahasa Arab dengan baik dan benar. Permasalahan tersebut membutuhkan solusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan metode pembelajaran berdasarkan Pendekatan Humanistik dan Metode Langsung untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab di MAN 3 Kota Banda Aceh dan efektifitas penerapannya. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti dalam menulis thesis ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Populasi berjumlah 100 siswa dan sampel 20 siswa. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi langsung dan test. Peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran berdasarkan Pendekatan Humanistik dan Metode Langsung untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab di MAN 3 Kota Banda Aceh memperoleh hasil sangat baik dalam berbicara Bahasa Arab berdasarkan hasil observasi guru 98 % dan hasil observasi siswa 92 %. Adapun penerapannya efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab berdasarkan hasil test -11,414 dengan uji (t) (t-hitung) lebih besar dari nilai hasil (t-tabel) dengan angka (0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Annisa Fitri Nisa
Date Deposited: 27 Apr 2023 03:00
Last Modified: 27 Apr 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28404

Actions (login required)

View Item
View Item