Resiliensi dan Kecemasan Pada Keluarga di Era New Normal (Studi di Kota Banda Aceh)

Juli Andriyani, 2022077402 (2023) Resiliensi dan Kecemasan Pada Keluarga di Era New Normal (Studi di Kota Banda Aceh). At-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam, 4 (1): 3. pp. 16-30. ISSN P-ISSN : 2598-585X, E-ISSN : 2614-4980

[thumbnail of Resiliensi dan Kecemasan Pada Keluarga di Era New Normal (Studi di Kota Banda Aceh)] Text (Resiliensi dan Kecemasan Pada Keluarga di Era New Normal (Studi di Kota Banda Aceh))
Jurnal Juli Andriyani at-taujih jan-juni 21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (478kB)

Abstract

Pandemi covid 19 merubah berbagai aspek kehidupan setiap orang terutama aspek sosial, aspek kesehatan , aspek ekonomi dan aspek pendidikan. Kehidupan new normal merupakan anjuran bahkan paksaan dari pemerintah. New normal merupakan penyesuaian baru terhadap pola hidup. Secara sosial setiap orang harus beradaptasi dengan beraktivitas dan bekerja dimana harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain, menghindari kerumunan serta bekerja dan belajar dari rumah. Proses penyesuian ini menimbulkan kepanikan dan ketakutan yang akan menyebabkan kecemasan yang apabila tidak diatasi maka akan menyebabkan abnormalitas. Resiliensi merupakan salah satu hal yang mampu dan bisa menurunkan tingkat kecemasan akibat covid 19 terutama resiliensi yang dimiliki oleh keluarga . Keluarga merupakan tempat yang pertama dan utama untuk menghadapi new normal life. Berdasarkan pemaparan d iatas penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kecemasan keluarga dan peran resiliensi keluarga terhadap penurunan kecemasan di era new normal.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Depositing User: Juli Andriyani Juli
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:50
Last Modified: 27 Apr 2023 08:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28433

Actions (login required)

View Item
View Item