Hermeneutika Sunnah T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy

Mahdalena Nasrun, 2003037902 Hermeneutika Sunnah T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy. Mimbar Akademika Media Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan, 1 (2): 8. pp. 123-140. ISSN 2527-3256

[thumbnail of Hermeneutika sunnah T.M. Hasbi ash-Shiddieqy] Text (Hermeneutika sunnah T.M. Hasbi ash-Shiddieqy)
2016 des Hermeneutika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy selanjutnya ditulis singkat Hasbi, merupakan tokoh hadits di Indonesia. Keunikan Hasbi karena belajar dari pendidikan tradisional di Aceh di sebut dengan Dayah sampai dengan mengenyam pendidikan yang dipimpin kalangan modernis. Hasbi terus mengasah kemampuan dengan hobinya membaca dan menulis; buku, artikel hingga akhir hayat. Keadaan lingkungan, dan konsistensi mengembangkan diri itulah yang mempengaruhinya. Gelar tertinggi di bidang akademisi sebagai guru besar tanpa pernah kuliah di perguruan tinggi. Hasbi memiliki kontribusi dalam pengembangan studi hadits Indonesia. Pemahaman sunnah yang benar menjadi suatu tuntutan untuk mengembangkan fiqh Indonesia, dan sebagai salah satu sumber dalam memurnikan ajaran Islam yang telah bercampur dengan tradisi, adat budaya masyarakat Indonesia. Tentunya memiliki tantangan tersendiri; penolakan dari masyarakat, hambatan dari penjajah Belanda dengan pernah dipenjara, termasuk dengan teori hukum yang berkembang masa itu. Oleh sebab itu penting kiranya menelaah kembali sunnah; definisi, pembagian dan pemahaman sunnah menurut Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddiqy.
Kata Kunci: Hermeneutika, Sunnah, Hasbi Ash-Shiddieqy.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X2 Hadis dan ilmu yang berkaitan > 2X2.1 Ilmu Hadis, termasuk Mustalah Hadis > 2X2.19 Ilmu-ilmu Hadis Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Mahdalena Nasrun Lena
Date Deposited: 28 Apr 2023 03:05
Last Modified: 28 Apr 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28470

Actions (login required)

View Item
View Item