Open Ended Learning pada Pembelajaran Fisika Tingkat SMA/MA

Nurhayati, 2014058901 and Ida Meutiawati, 2018056801 and Dinda Burhani, 180204041 (2023) Open Ended Learning pada Pembelajaran Fisika Tingkat SMA/MA. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 4 (1). pp. 44-49. ISSN 2549-7162

[thumbnail of Open Ended Learning pada Pembelajaran Fisika Tingkat SMA/MA] Text (Open Ended Learning pada Pembelajaran Fisika Tingkat SMA/MA)
Phi_2023-4-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (822kB)

Abstract

Beragamnya metode yang dikembangkan untuk meningkatkan Higher Order Thingking Skill (HOTS) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), dan satu yang populer adalah Open Ended Learning. Penelitian ini mengeksplorasi pandangan keefektifan Open Ended Learning dalam meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan nonequivalent control group desain. Peneliti melakukan uji pada 2 kelas XI yang masing- masing berjumlah 18 Siswa. Data menunjukkan bahwa: 1) Nilai thitung > ttabei yaitu 15.373 > 1.691; 2) Nilai normalitas gain pada kelas eksperimen sebesar 0,71 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,12. Peneliti menyimpulkan penerapan Open Ended Learning sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik sehingga perlu diterapkan dalam pembelajaran fisika di tingkat SMA/MA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: HOTS, keefektifan, normalitas gain, dan quasi eksperimental
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurhayati Sururi
Date Deposited: 04 May 2023 03:56
Last Modified: 04 May 2023 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28509

Actions (login required)

View Item
View Item