Analisis Arkeologi Publik terhadap Situs Prasejarah di Mendale Takengon

Marduati, 2016107304 (2017) Analisis Arkeologi Publik terhadap Situs Prasejarah di Mendale Takengon. Project Report. UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang analisis publik terhadap situs Mendale] Text (Membahas tentang analisis publik terhadap situs Mendale)
Laporan Penelitian 2017 an. Marduati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan arkeologi publik di situs Mendale Takengon Aceh Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode penelitiannya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa adanya keterlibatakan dalam pelaksanaan perlakukan terhadap situs prasejarah di Mendale Aceh Tengah. Keterlibatakan dilakukan pada dua pihak. Pertama, pihak penyelenggara penelitian atau penemu dari situs prasejarah itu sendiri yaitu dari Balar Medan yang melakukan penelitian sejak tahun 2007 sampai dengan sekarang dan masih berlanjut nantinya di 2018. Kedua, dari pihak masyarakat baik dari pemerintah, komunitas-komunitas, dan masyarakat di lingkungan setempat telah mengambil bagian untuk melibatkan sendiri dirinya dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik ikut serta dalam pelaksanaan ekskavasi dalam penemuan benda prasejarah maupun melakukan promosi dan atraksi-atraksi untuk menarik jumlah kunjungan. Tujuan menarik jumlah kunjungan ini adalah dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti penting dari situs tersebut. Apabila situsnya terpelihara maka jati diri masyarakat Gayo akan semakin terangkat. Takengon yang dikenal sebagai penghasil kopi dan memiliki panorama alam yang menarik akan lebih kuat lagi dengan adanya situs prasejarah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Marduati Marduati
Date Deposited: 02 May 2023 02:55
Last Modified: 02 May 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28516

Actions (login required)

View Item
View Item