Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Darul Huffazh Desa Rembah Sayang (Kajian Kitab Materi Akhlak dan Pemahamannya)

Putra Sahlam, 180301039 (2023) Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Darul Huffazh Desa Rembah Sayang (Kajian Kitab Materi Akhlak dan Pemahamannya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Darul Huffazh Desa Rembah Sayang (Kajian Kitab Materi Akhlak dan Pemahamannya)] Text (Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Darul Huffazh Desa Rembah Sayang (Kajian Kitab Materi Akhlak dan Pemahamannya))
Putra Sahlam, 180301039, FUF, AFI, 085262572742.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perhatian akan pentingnya nilai-nilai akhlak kini muncul kembali ketika permasalahan akhlak itu terjadi dekadensi dimana-mana salah satunya di Pondok Pesantren Darul huffazh Desa Rembah Sayang. Maka ada upaya yang dilakukan oleh pondok pesantren untuk menyelesaikan persoalan itu, salah satunya dengan memberikan materi kajian akhlak dan memberikan pemahaman terhadap santrinya agar bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan realitas akhlak santri serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan kajian materi akhlak di Pondok Pesantren Darul Huffazh Desa Rembah Sayang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan sosiologis dan filosofis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, semua data diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kajian materi kitab akhlak yang dikaji di Pondok Pesantren Darul Huffazh ada dua yaitu: kitab al-Akhlaq LilBanin dan Ta’lim al-Muta’allim serta pemahamannya. Adapun realitas akhlak santri di Pondok Pesantren Darul Huffazh Desa Rembah Sayang secara umum sudah cukup baik dengan mempraktikan materi akhlak yang dipelajari serta mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari dan juga masih terdapat sebagian kecil santri yang kurang dalam bidang akhlak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Filsafat Agama
Depositing User: Putra Sahlam
Date Deposited: 03 May 2023 02:46
Last Modified: 03 May 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28546

Actions (login required)

View Item
View Item