Pengaruh Pengetahuan dan Fluktuasi Harga Terhadap Minat Investasi Emas (Sudi Pada Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry)

Cut Fitri Keumala Sari, 190602069 (2023) Pengaruh Pengetahuan dan Fluktuasi Harga Terhadap Minat Investasi Emas (Sudi Pada Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pengetahuan dan Fluktuasi Harga Terhadap Minat Investasi Emas (Sudi Pada Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry)] Text (Pengaruh Pengetahuan dan Fluktuasi Harga Terhadap Minat Investasi Emas (Sudi Pada Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry))
Cut Fitri Keumala Sari, 190602069, FEBI, ES, 082176166236.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan sementara peneliti, belum banyak mahasiswa yang berminat melakukan investasi emas, khususnya dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di UIN Ar-Raniry. Kurangnya minat mahasiswa akan berinvestasi emas dapat disebabkan oleh faktor pengetahuan mahasiswa/i dan adanya fluktuasi harga (naik-turun) emas yang kemudian berpengaruh terhadap ekspektasi return tinggi yang akan diperoleh butuh waktu dengan jangka panjang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan fluktuasi harga terhadap minat investasi emas mahasiswa/i Ekonomi Syariah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dari hasil Uji Validitas dan Reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan melakukan Uji Asumsi Klasik terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi liniear berganda, dan terakhir Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji F dan Uji T. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, variabel pengetahuan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiwa/i Ekonomi Syariah, kemudian yang kedua, variabel fluktuasi harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa/i Ekonomi Syariah, dan yang ketiga variabel pengetahuan (X1) dan fluktuasi harga (X2) secara simultan berpengaruh terhadap minat investasi emas mahasiswa/i Ekonomi Syariah, hal ini dibuktikan dengan hasil Uji F.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Investasi, Minat, Fluktuasi Harga, Emas.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Fitri Keumala Sari Fitri
Date Deposited: 03 May 2023 02:46
Last Modified: 03 May 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28551

Actions (login required)

View Item
View Item