HKI Pengembangan Modul IPA Berbasis STEM dan Nilai Sains Islami untuk meningkatkan Kemahiran Abad 21 Mahasiswa

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) HKI Pengembangan Modul IPA Berbasis STEM dan Nilai Sains Islami untuk meningkatkan Kemahiran Abad 21 Mahasiswa. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of HKI Pengembangan Modul IPA  Berbasis STEM dan Nilai Sains Islami untuk meningkatkan Kemahiran Abad 21 Mahasiswa] Text (HKI Pengembangan Modul IPA Berbasis STEM dan Nilai Sains Islami untuk meningkatkan Kemahiran Abad 21 Mahasiswa)
2. HKI Ganjil 2018-2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Desain modul IPA berbasis STEM dan nilai islami (2) Penilaian modul IPA berbasis STEM dan nilai Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Development Research (DDR) dengan menggunakan model desain instruksional Dick and Carey. Sampel penelitian ini adalah tiga orang pakar, tiga orang dosen senior dan enam orang dosen IPA dan 30 orang mahasiswa. Adapun instrumen penelitian ini adalah angket yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan (1) Desain modul IPA berbasis STEM dan nilai islami adalah mengikut lima langkah dari model desain instruksional Dick and Carey yaitu analisis kebutuhan, pengembangan modul, pengembangan prosedur, pelaksanaan dan penilaian modul. (2) Hasil penilaian pakar, dosen dan mahasiswa menunjukkan bahwa modul IPA berbasis STEM dan nilai Islami layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA di perguruan tinggi. Dengan demikian, untuk penelitian selanjutnya hendaknya (1) dapat membuat modul berbasis STEM dan nilai Islami untuk materi lain. (2) dapat mengembangkan beberapa variabel lain yang lebih luas sehingga keterampilan yang lain dapat dikembangkan u n t u k mencapai objektif pembelajaran. (3) dapat dikembangkan dengan menggunakan teknologi pembelajaran berupa e-learning maupun e-book dalam bentuk CD.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 05 May 2023 07:36
Last Modified: 05 May 2023 07:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28567

Actions (login required)

View Item
View Item