Pengaruh Pelayanan Islami terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Kota Banda Aceh

Fuad, 431307304 (2017) Pengaruh Pelayanan Islami terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Kota Banda Aceh”. Pelayanan Islami diterapkan bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat pada bidang kesehatan di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Selain sebagai bagian dari upaya menjalankan syariat Islam secara kaffah di Aceh, pelayanan Islami tersebut juga merupakan upaya Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mewujudkan cita-cita Banda Aceh menjadi model kota madani. Pelayanan Islami merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini adalah Pemerintah Kota Banda Aceh melalui salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan dengan menerapkan nilai-nilai Islami sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi setiap masyarakat (pasien) atas barang (obat-obatan), jasa, dan/atau pelayanan administratif. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa ada atau tidaknya dan tingkat persentase pengaruh pelayanan Islami terhadap kepuasan pasien di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung guna memperoleh data yang erat kaitannya pada penelitian dengan angket (questionneire). Metode pengambilan sampel yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini adalah (simple random sampling), yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan tingkatan yang ada dalam populasi. Sampel pada penelitian ini adalah 100 pasien yang dirawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh pada Januari hingga Maret 2017. Data dianalisa dengan uji validitas, uji realibilitas, dan uji regresi sederhana (uji t) dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Islami memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien di RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Adapun tingkat persentase pengaruhnya adalah 65.0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, M.Si; NIP. 196010081995031001; 2. Fakhruddin, SE, MM; NIP. 196406162014111002
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Islami, Kepuasan Pasien
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Fuad 431307304 Ridani
Date Deposited: 12 Aug 2017 05:29
Last Modified: 16 Apr 2018 05:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item
TOP