Pengaruh Upah, Tingkat Pendidikan, dan Jumlah Tanggungan Keluarga Terhadap Keputusan Perempuan yang Bekerja Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Perempuan yang Bekerja di Kota Banda Aceh)

Widya Safirah, 180602143 (2022) Pengaruh Upah, Tingkat Pendidikan, dan Jumlah Tanggungan Keluarga Terhadap Keputusan Perempuan yang Bekerja Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Perempuan yang Bekerja di Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keputusan Perempuan Bekerja] Text (Keputusan Perempuan Bekerja)
Widya Safirah, 180602143, FEBI, ES, 082268045242.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pada saat ini perempuan ingin mengaktualisasikan dirinya dalam pembangunan. Perempuan menjalankan peran transisinya yaitu sebagai tenaga kerja yang ikut aktif dalam mencari nafkah sesuai dengan pendidikan dan keterampilan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh upah, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggungan keluarga terhadap keputusan perempuan yang bekerja ditinjau dalam perspektif ekonomi islam (studi pada perempuan yang bekerja di kota Banda Aceh). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini dilakukan di kota Banda Aceh yang terdiri dari 9 kecamatan dan 90 Gampong/desa dimana jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 382 orang. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode survey. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel upah secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan perempuan bekerja (2) variabel tingkat pendidikan secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan perempuan bekerja (3) variabel jumlah tanggungan keluarga secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan perempuan bekerja (4) upah, tingkat pendidikan, dan jumlah tanggungan keluarga secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan perempuan yang bekerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Widya Safirah Widya
Date Deposited: 04 May 2023 02:40
Last Modified: 04 May 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28615

Actions (login required)

View Item
View Item