Analisis Sektor Unggulan Metode Analisis Location Quotient (LQ) di Kabupaten Bireuen

Marisa Saputri, 170604094 and Fitrah, Afandi and Muhammad Adnan, 2028047203 and Rachmi Meutia, 1319038801 (2022) Analisis Sektor Unggulan Metode Analisis Location Quotient (LQ) di Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 04 (01). pp. 65-83. ISSN 2502-6976

[thumbnail of Third Author Analisis Sektor Unggulan Metode Analisis Location Quotient (LQ) di Kabupaten Bireuen] Text (Third Author Analisis Sektor Unggulan Metode Analisis Location Quotient (LQ) di Kabupaten Bireuen)
ANALISIS SEKTOR UNGGULAN METODE ANALISIS LOCATION QUOTIENT (LQ) DI KABUPATEN BIREUEN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu strategi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yaitu dengan memprioritaskan sektor-sektor ekonomi basis dalam program pembangunan yang direncanakan untuk mengarah pada kinerja perekonomian yang lebih baik secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor unggulan dan sektor non unggulan serta untuk mengetahui bagaimana perubahan dan pergeseran sektor perekonomian di daerah Kabupaten Bireuen. Adapun data dalam penelitian ini berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan data sekunder berupa runtun waktu (time series) dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Bireuen dan Provinsi Aceh Tahun 2017-2021. Metode penelitian ini adalah kuantitafif deskriptif dengan alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Location Quotient (LQ), yang digunakan untuk menentukan sektor basis (sektor unggulan) dan non basis (non unggulan) dalam perekonomian Kabupaten Bireuen. Berdasarkan analisis LQ, sektor basis Kabupaten Bireuen terdapat empat sektor, yaitu: sektor Pertanian, kehutanan, dan perikanan; sektor Pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang; sektor Perdagangan besar dan eceran, serta sektor transportasi dan pergudangan. Sedangkan sektor dengan nilai terkecil adalah sektor pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Muhammad Adnan
Date Deposited: 04 May 2023 07:42
Last Modified: 04 May 2023 07:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28640

Actions (login required)

View Item
View Item