Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran Menggambar Teknik di SMK Negeri 4 Banda Aceh

Mawardi, 2014056901 (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran Menggambar Teknik di SMK Negeri 4 Banda Aceh. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 04 (02). 129-`136. ISSN ISSN 2549-3698 e-ISSN 2549-3701

[thumbnail of Penjelasan tentang penggunaan model pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Menggamar Teknik] Text (Penjelasan tentang penggunaan model pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Menggamar Teknik)
Jurnal Penggunaan Model ....pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SMK Negeri 4 Banda Aceh pada pelajaran Menggambar Teknik diperoleh sebagian besar siswa kurang memiliki semangat dan minat untuk belajar, sehingga berdampak pada nilai siswa-siswa tersebut. Hal ini terjadi salah satunya karena penggunaan metode dan model pembelajaran yang masih berorientasi pada guru (teacher centered), yaitu guru memberikan dan siswa hanya menerima yang diberikan guru yang mengakibatkan banyak siswa di kelas menjadi pasif dan lama kelamaan mereka merasa jenuh dan bosan karena kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar sehingga minat belajar menjadi kurang yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan Model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Menggambar Teknik. Penelitian ini merupakan Penelitian quasi eksperimen analisis data kuantitatif, data hasil penelitian dikumpulkan melalui lembar tes dan lembar kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain one group pretest and posttest. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat perubahan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu (31,11<68,89), sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran. Menggambar Teknik di SMKN 4 Banda Aceh menggunakan model pembelajaran Make a Match dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran Make a Match pada pelajaran. Menggambar Teknik, baik hal ini dapat dibuktikan dengan melihat respon peserta didik terhadap pernyataan-pernyataan positif kuesioner semuanya di atas 75%.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mawardi Mawardi
Date Deposited: 05 May 2023 03:58
Last Modified: 05 May 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28643

Actions (login required)

View Item
View Item