Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Metode Jigsaw

Mawardi, 201456901 (2015) Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Metode Jigsaw. Pionir Jurnal Pendidikan, 04 (02). 01-17. ISSN P-ISSN 2339-2495

[thumbnail of Penggunaan metode Jigsawa dalam meningkatkan aktivitas belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi] Text (Penggunaan metode Jigsawa dalam meningkatkan aktivitas belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi)
Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Metode Jigsaw.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (116kB)

Abstract

Inti dari pembelajaran koperatif, adalah upaya meningkatkan belajar peserta didik secara berkelompok, dengan berbagai latar belakang kemampuan akademik yang berbeda. Berbagai hasil penelian pembelajaran menunjukkan, bahwa dengan menggunakan metode diskusi, keinginan belajar mahasiswa semakin bertambah, serta memberikan kesadaran kepada mahasiswa akan pentingnya kerjasama dan saling menghargai dalam mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Tulisan ini mencoba menguraikan lebih lanjut tentang penggunaan metode diskusi dan tugas kelompok dalam pembelajaran pada pendidikan tinggi, yaitu dalam proses perkuliahan. Secara khusus, penggunaan kedua metode tersebut dalam metode jigsaw. Konsep dan fakta dalam tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang metode jigsaw dalam perkuliahan pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Prodi PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Fokus permasalahan dalam penelitian tersebut adalah bagaimana keaktifan mahasiswa dengan metode jigsaw dalam perkuliahan IPS pada mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini bersifat participant observation. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus pertama, dari empat aspek yang dinilai, yaitu keaktifan berbicara, mendengar, merespon, dan mencatat, menunjukkan bahwa keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada keseluruhan aspek tersebut masih rendah. Rendahnya keaktifan ini.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mawardi Mawardi
Date Deposited: 05 May 2023 03:57
Last Modified: 05 May 2023 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28653

Actions (login required)

View Item
View Item