Strategi Pemerintah Desa Dalam Implementasi Anggaran Dana Desa (Studi Penelitian Desa Cot Trieng, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireun)

Baihaqi, 170801103 (2022) Strategi Pemerintah Desa Dalam Implementasi Anggaran Dana Desa (Studi Penelitian Desa Cot Trieng, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireun). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pemerintah Desa Dalam Implementasi Anggaran Dana Desa  (Studi Penelitian Desa Cot Trieng, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireun)] Text (Strategi Pemerintah Desa Dalam Implementasi Anggaran Dana Desa (Studi Penelitian Desa Cot Trieng, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireun))
Baihaqi ipol.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang Strategi Pemerintah Desa Dalam Implementasi Anggaran dana Desa di Desa Cot Trieng, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireun. Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan observasi awal peneliti, terdapat beberapa hal yang belum terlaksana dengan baik dalam pelaksanaan pemerintahan gampong terutama dalam pengelolaan Dana Desa yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi dan dampak strategi tesebut terhadap pengimplementasian Anggaran Dana Desa di Gampong Cot Trieng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemerintah Gampong Cot Trieng dalam mengelola dana desa dapat dilihat dari 3 hal, yaitu: perencanaan, pelaksanaan serta laporan dan pertanggungjawaban. Berdasarkan hasil penelitian, tahap perencanaan dalam pengelolaan dana desa di Gampong Cot Trieng sudah dilaksanakan dengan baik dan ikut melibatkan masyarakat di dalamnya. Namun, pada tahap implementasi belum terlaksana dengan baik, terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat desa. Pemerintah Gampong Cot Trieng lebih berfokus kepada pembangunan infrastruktur desa, padahal pemberdayaan masyarakat ini juga sangat penting sebagai bekal bagi masyarakat memberdayakan dirinya guna mencapai kesejahteraan. Sementara terkait laporan dan pertanggungjawaban juga sudah dilaksanakan dengan baik sebagaimana mestinya. Maka secara umum dapat dikatakan pengelolaan dana desa di Gampong Cot Trieng berjalan cukup baik. Sementara dampak yang ditimbulkan dari implementasi dana desa di Gampong Cot Trieng yaitu dapat dilihat pada 3(tiga) bidang, yakni: Penyelenggaran Pemerintahan yang Baik dan Terbuka; Peningkatan Pembangunan Sarana dan Prasarana di Desa; serta dampak dalam peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Dalam Bidang Sosial Budaya, Ekonomi Produktif dan Kesejahteraan.. Ketiga bidang tersebut tentu yang paling berdampak kepada masyarakat Gampong Cot Trieng, karena sejatinya fokus penggunaan dan pengelolaan dana desanya diarahkan untuk ketiga hal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.6 Kegiatan pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Baihaqi Baihaqi
Date Deposited: 10 May 2023 02:15
Last Modified: 10 May 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28656

Actions (login required)

View Item
View Item