perancangan Rumah Singgah untuk Penderita Kanker di Banda Aceh.

Khairun Nisa, 180701057 (2023) perancangan Rumah Singgah untuk Penderita Kanker di Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Rumah Singgah untuk Penderita Kanker di  Banda Aceh.] Text (Perancangan Rumah Singgah untuk Penderita Kanker di Banda Aceh.)
Khairun Nisa, 180701057, FST, ARS, 082361904446.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Di Aceh prevelensi jumlah penderita kanker sangatlah tinggi. Menurut data Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) dari tahun 2015, jumlah penderita kanker mengalami peningkatan setiap tahunnya. Rumah sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh menjadi satu-satunya rumah sakit di Aceh yang menerima fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan menjadi rujukan pasien kanker dari berbagai daerah termasuk kabupaten/kota yang berada di luar Banda Aceh. Setiap berobat, pasien kanker membutuhkan waktu yang lama menyebabkan masalah bagi pasien yang berada di luar Banda Aceh, selain biaya pengobatan yang mahal, biaya transportasi dan penginapan juga menambah beban bagi pasien dan keluarga selama menjalani perawatan pengobatan. Oleh karena itu diperlukan fasilitas pendukung seperti rumah singgah untuk pasien pengidap kanker, karena dapat membantu pasien dan keluarga pasien dalam mengatasi masalah fisik dan psikologis yang membebaninya selama melakukan pengobatan, terkhusus bagi pasien yang memiliki ekonomi menengah kebawah dan berasal dari luar kota Banda Aceh. Dilihat dari masalah yang sering dialami pasien selama berobat dan dari hasil analisa, perancangan rumah singgah ini dibangun di lokasi berdekatan dengan Rumah sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) dengan menggunakan tema Healing Environment, penerapan tema ini mampu menciptakan lingkungan yang dapat mempercepat proses pemulihan pasien kanker baik secara fisik maupun psikologis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rumah Singgah, Kanker, Healing Environment, Aceh.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Khairun Nisa
Date Deposited: 05 May 2023 03:42
Last Modified: 05 May 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28659

Actions (login required)

View Item
View Item