Tinjauan Fiqh Berlalu Lintas Atas Upaya Polda Aceh Dalam Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement.

Muhammad Iqbal, 180105038 (2023) Tinjauan Fiqh Berlalu Lintas Atas Upaya Polda Aceh Dalam Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tinjauan Fiqh Berlalu Lintas Atas Upaya Polda             Aceh Dalam Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement] Text (Tinjauan Fiqh Berlalu Lintas Atas Upaya Polda Aceh Dalam Implementasi Electronic Traffic Law Enforcement)
Muhammad Iqbal, 180105038, FSH, HTN, 082215324466.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari adanya penerapan Electronic Traffic Law Enforcement oleh Dirlantas Polda Aceh yang dimulai pada tahun 2021, dengan pertanyaan bagaimana kewenangan Polda Aceh atas penegakan hukum dalam berlalu lintas pada implementasi ETLE di Aceh? Dan bagaimana tinjauan jalbul mashalih wa daf’ul mafsadah atas penegakan hukum berlalu lintas di Aceh? Selain itu penulis merasa perlu untuk mengaitkan ETLE dengan fiqh siyasah dusturiyah dalam berlalu lintas sebagai upaya menemukan titik temu yang ideal sesuai kondisi dan kearifan masyarakat di Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Ditemukan hasil bahwa kewenangan Polda Aceh atas penegakan implementasi electronic traffic law enforcement dalam menjalankan peraturan ETLE telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Upaya awal yang dilakukan juga dengan mensosialisasikan kepada masyarakat serta melakukan pengawasan ETLE yang dilaksanakan oleh bagian back office Subdit Gakkum Dirlantas Polda Aceh. Hasil selanjutnya dengan tinjuan fiqh siyasah dusturiyah dalam berlalu lintas pada implementasi ETLE Aceh adalah dengan adanya upaya memberikan edukasi kepada masyarakat melalui penerapan hukum, sosialisasi dan pengawasan yang dilakukan oleh Dirlantas Polda Aceh. bahwa tertib lalu lintas adalah sebuah kewajiban yang harus dipatuhi karena menjadi sebuah maslahat bersama bagi pengguna jalan dengan kategori maslahah dar’ul mafasid dan al-maṣlaḥaḥ al-murṣalah dengan kategori dḥaruriyat yang dideskripsikan pada prinsip maqāṣid Ṣyariah yaitu menjaga jiwa (ḥifẓ al-nafṣ), menjaga agama (ḥifẓ al-din) dan menjaga harta benda (ḥifẓ al-mal).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fiqh Berlalu Lintas, Upaya Polda Aceh, Electronic Traffic Law Enforcement.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Muhammad Iqbal
Date Deposited: 05 May 2023 03:49
Last Modified: 05 May 2023 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28661

Actions (login required)

View Item
View Item