Peran Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Bagi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Banda Aceh Diponegoro)

Khaliza Adzkia, 190603002 (2023) Peran Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Bagi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Banda Aceh Diponegoro). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Peran Pembiayaan KUR Bagi UMKM] Text (Membahas Tentang Peran Pembiayaan KUR Bagi UMKM)
Khaliza Adzkia, 190603002, FEBI, PS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Dalam meningkatkan produktivitas usaha, UMKM membutuhkan dana untuk modal usaha, oleh karena itu BSI dapat menjalankan perannya dalam membantu para pelaku UMKM melalui pemberian pembiayaan KUR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kendala pembiayaan KUR bagi pelaku UMKM. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran pembiayaan KUR bagi perkembangan UMKM. Setiap UMKM mengalami peningkatan setelah mengambil pembiayaan KUR dari segi aset dan kapasitas produksi dari 30% - 70%, segi pendapatan mengalami peningkatan 10%- 60%, dan segi SDM tidak mengalami peningkatan. Selain itu, kendala penyaluran pembiayaan KUR yaitu karakter nasabah yang kurang memiliki rasa tanggungjawab untuk mengembalikan dana dan omset usahanya menurun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Khaliza Adzkia
Date Deposited: 05 May 2023 03:45
Last Modified: 05 May 2023 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28662

Actions (login required)

View Item
View Item