Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Celala Aceh Tengah

Nurika Zuhasni, 180209004 (2023) Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Celala Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Celala Aceh Tengah] Text (Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Celala Aceh Tengah)
Nurika Zuhasni, 180209004, FTK, PGMI, 082215536140.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan diantaranya adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan penerapan model jigsaw di kelas V SDN 2 Celala Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dijalankan dalam empat siklus. Hasil peneltian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase 57,27% dengan kategori cukup dan siklus II memperoleh skor presentase 64,54% kategori cukup, siklus III memperoleh skor presentase 71,81% dengan kategori baik dan siklus IV memperoleh skor presentase 92,72% dengan kategori baik sekali. Untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor presentase 51% dengan kategori kurang, siklus II memperoleh skor presentase 61% dengan kategori cukup, siklus III memperoleh skor presentase 70,9% dengan kategori baik dan siklus IV memperoleh skor presentase 84,4% kategori baik sekali. Untuk hasil berpikir kritis pada siklus I memperoleh skor presentase 54,85% dengan kategori cukup kritis, siklus II memperoleh skor presentase 60,16% dengan kategori cukup kritis, siklus III memperoleh skor presentase 67,2% dengan kategori kritis dan siklus IV memperoleh skor presentase 85,71% kategori sangat kritis. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 53,58% dengan kategori kurang, siklus II memperoleh presentase 62,5% dengan kategori cukup, siklus II memperoleh presentase 76% dengan kategori baik dan siklus IV memperoleh presentase 85,71% kategori baik sekali. dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan memampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurika Zuhasni
Date Deposited: 05 May 2023 03:42
Last Modified: 05 May 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28665

Actions (login required)

View Item
View Item