Urgensi Bimbingan Pra Nikah Dalam Meningkatkan Wawasan Kepemimpinan Keluarga Bagi Calon Pengantin Di KUA Kecamatan Peukan Baro Kapubaten Pidie

Nursina, 150402123 (2023) Urgensi Bimbingan Pra Nikah Dalam Meningkatkan Wawasan Kepemimpinan Keluarga Bagi Calon Pengantin Di KUA Kecamatan Peukan Baro Kapubaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Urgensi Bimbingan Pra Nikah Dalam Meningkatkan Wawasan Kepemimpinan Keluarga Bagi Calon Pengantin Di Kua Kecamatan Peukan Baro Kapubaten Pidie] Text (Urgensi Bimbingan Pra Nikah Dalam Meningkatkan Wawasan Kepemimpinan Keluarga Bagi Calon Pengantin Di Kua Kecamatan Peukan Baro Kapubaten Pidie)
Nursina, 150402123, FDK, BKI, 082274209521.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Bimbingan pra nikah merupakan salah satu program Kementerian Agama yang dijalankan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pekan Baro, Kabupaten Pidie, bertujuan untuk membekali calon pengantin menyangkut dengan kehidupan rumah tangga. Di antara materi penting di dalam bimbingan pra nikah adalah wawasan kepemimpian. Penyalahgunaan kedudukan kepemimpinan keluarga pada bimbingan pranikah berdampak pada hubungan perkawinan. Untuk itu yang menjadi rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana metode bimbingan pra nikah yang dilakukan KUA Peukan Baro dalam urgensitas bimbingan pranikah tersebut serta meningkatkan wawasan kepemimpinan keluarga. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah menggunakan penelitian kualitatif atau penelitian berbasis lapangan (field research), dengan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan pra nikah yang dilakukan KUA Kecamatan Peukan Baro dalam meningkatkan wawasan kepemimpinan keluarga terhadap calon pengantin adalah dengan menggunakan metode ceramah, tanya-jawa dan penugasan. Metode ceramah ini menjadi bagian relatif sangat penting untuk kemudian memberikan pemahaman wawasan kepemimpinan. Materi bimbingan wawasan kepemimpinan ini biasa diberikan bersama-sama dengan materi hak dan kewajiban suami isteri dalam keluarga, peran dan kedudukan antara keduanya di dalam keluarga. Bimbingan pra nikah yang dilaksanakan oleh KUA Peukan Baro sangat penting di dalam meningkatkan wawasan kepemimpinan keluarga. Melalui bimbingan pra nikah tersebut, diharapkan kedua pasangan mempu mewujudkan tujuan bimbingan itu sendiri, yaitu mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan raḥmah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nursina Nursina
Date Deposited: 05 May 2023 03:44
Last Modified: 05 May 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item
View Item