Perjanjian Pembiayaan dalam Pelaksanaan Belanja Online ShopeePay Later (Studi Tentang Akad Qarḍh Dalam Perspektif Fikih Muamalah)

Atika Rizkiyanda, 180102190 (2023) Perjanjian Pembiayaan dalam Pelaksanaan Belanja Online ShopeePay Later (Studi Tentang Akad Qarḍh Dalam Perspektif Fikih Muamalah). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perjanjian Pembiayaan dalam Pelaksanaan Belanja    Online ShopeePay Later (Studi Tentang Akad Qarḍh   Dalam Perspektif Fikih Muamalah)] Text (Perjanjian Pembiayaan dalam Pelaksanaan Belanja Online ShopeePay Later (Studi Tentang Akad Qarḍh Dalam Perspektif Fikih Muamalah))
Atika Rizkiyanda, 180102190, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Menurut konsep Fikih Muamalah utang piutang disebut dengan qardh, akad qardh menjadi salah satu alternatif paling dominan digunakan oleh masyarakat dalam melakukan kegiatan bisnis. Perkembangan di bidang teknologi informasi sekarang telah mengalami kemajuan secara pesat dengan adanya e-commerce yaitu transaksi jual beli atau perdagangan secara online. Shopee merupakan salah satu marketplace yang sangat sukses dan digemari oleh para penggunanya di Indonesia, persoalan dalam perspektif hukum Islam ketika dalam persoalan keuangan tersebut dilengkapi dengan adanya biaya administrasi, yaitu pembeli selalu dikenakan biaya penanganan 1% terhadap utang yang di berikan oleh pihak ketiga PT. Commerce Finance. Dalam akad qardh tidak boleh adanya tambahan, dimana ketika peminjam mengembalikan pinjamannya diwajibkan menambah pada pinjaman pokoknya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana mekanisme perjanjian pembiayaan pada jual beli online melalui ShopeePay Later dan bagaimana tinjauan Fikih muamalah tentang akad qardh terhadap perjanjian pembiayaan pada jual beli online melalui ShopeePay Later. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik belanja online menggunakan ShopeePay Later ini telah memenuhi rukun dan syarat sah dari akad hutang piutang dengan adanya, sighat akad, aqid, ma’qud alaih dan tujuan akad.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.211 Salam (Pemesanan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Atika Rizkiyanda Atika
Date Deposited: 05 May 2023 03:47
Last Modified: 05 May 2023 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28670

Actions (login required)

View Item
View Item