Analisis Kepuasan Konsumen Transaksi Online Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Kota Banda Aceh.

Suherdi Sulisda, 27153130 (2020) Analisis Kepuasan Konsumen Transaksi Online Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kepuasan Konsumen Transaksi Online Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Kota Banda Aceh.] Text (Analisis Kepuasan Konsumen Transaksi Online Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Di Kota Banda Aceh.)
Suherdi Sulisda, 27153130.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan ekonomi tidak lepas bagaimana manusia melakukan aktivitas transaksi guna memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri, mensejahterakan keluarga dan membantu orang lain yang membutuhkan baik berupa pangan, sandang dan papan. Salah satu fenomena mu'amalah dalam bidang ekonomi adalah transaksi jual beli yang menggunakan media elektronik. Aktivitas perdagangan melalui media internet ini populer disebut dengan electronic commerce atau yang disingkat dengan e-commerce. E-commerce seringkali diartikan sebagai jual beli barang dan jasa melalui media elektronik, khususnya melalui internet atau jual beli online. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah penulis ingin mengkaji tingkat kepuasan konsumen pada transaksi jual beli online mengingat begitu masifnya penggunaan sistem jual beli online pada saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada transaksi online yang diukur dengan menggunakan tiga variabel yaitu kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif atau penelitian lapangan (field research) yang mengambil data secara langsung di lapangan yang diperoleh dengan cara menyebarkan angket/kuesioner kepada sejumlah responden. Penelitian ini mendapatkan data dengan menggunakan sistem purposive convenience sampling di mana responden diambil secara acak dengan kriteria yang telah ditentukan yang kemudian data yang didapatkan diolah dengan sistem regresi linear menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian yang penulis dapatkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.211 Salam (Pemesanan)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Suherdi Sulisda
Date Deposited: 05 May 2023 04:24
Last Modified: 05 May 2023 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28683

Actions (login required)

View Item
View Item