Bantuan Kemanusiaan Aceh Bagi Pengungsi Rohingya Dan Upaya Diplomasi Kemanusiaan (Humanitarian Diplomacy)

Mumtazinur, 2009098601 (2023) Bantuan Kemanusiaan Aceh Bagi Pengungsi Rohingya Dan Upaya Diplomasi Kemanusiaan (Humanitarian Diplomacy). LPM Universitas Islam negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Sertifikat HKI dan Laporan Penelitian : Bantuan Kemanusiaan Aceh Bagi Pengungsi Rohingya Dan Upaya Diplomasi Kemanusiaan (Humanitarian Diplomacy)] Text (Sertifikat HKI dan Laporan Penelitian : Bantuan Kemanusiaan Aceh Bagi Pengungsi Rohingya Dan Upaya Diplomasi Kemanusiaan (Humanitarian Diplomacy))
combinepdf (6).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini beranjak dari krisis kemanusiaan yang melanda Rakhine Myanmar yang berimbas pada munculnya arus pengungsi eksternal menuju berbagai negara termasuk Indonesia. Bantuan Kemanusiaan yang diberikan oleh masyarakat Aceh menjadi penting mengingat banyak negara yang menolak kehadiran pengungsi Rohingya ini. Selain itu tulisan ini mencoba mengulas bantuan kemanusiaan Aceh bagi Pengungsi Rohingya serta korelasinya bagi upaya diplomasi kemanusiaan (Humanitarian Diplomacy) Pemerintah Indonesia. tulisan ini juga memaparkan latar belakang bantuan kemanusiaan yang diberikan masyarakat Aceh bagi pengungsi Rohingya serta bentuk-bentuk bantuan yang diberikan. Bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh masyarakat Aceh kepada pengungsi Rohingya turut mempengaruhi upaya diplomasi kemanusiaan pemerintah Indonesia. Peran masyarakat aceh yang dalam konteks ini dapat dikatakan sebagai aktor kemanusiaan turut memperkuat sekaligus menegaskan posisi kepemimpinan Indonesia ditingkat kawasan dan global sebagai pendukung perdamaian dunia. Sehingga secara tidak langsung masyarakat Aceh juga menempatkan dirinya sebagai peace supporter yang siap menyokong kebijakan politik luar negeri Indonesia dan yang mengedepankan diplomasi kemanusiaan sebagai langkah strategis menciptakan perdamaian dunia.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Mumtazinur Zhee
Date Deposited: 08 May 2023 03:20
Last Modified: 08 May 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28695

Actions (login required)

View Item
View Item