Pembentukan Generasi Anti Narkoba Melalui Pemberdayaan Kampung Keluarga Berencana di Aceh

Mumtazul Fikri, .2030058202 (2023) Pembentukan Generasi Anti Narkoba Melalui Pemberdayaan Kampung Keluarga Berencana di Aceh. LPM UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sertifikat HKI dan Laporan Penelitian : Pembentukan Generasi Anti Narkoba Melalui Pemberdayaan Kampung Keluarga Berencana di Aceh] Text (Sertifikat HKI dan Laporan Penelitian : Pembentukan Generasi Anti Narkoba Melalui Pemberdayaan Kampung Keluarga Berencana di Aceh)
2. HKI & Laporan Penelitian_Pembentukan Generasi Anti Narkoba Melalui Pemberdayaan Kampung Keluarga Berencana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kampung Keluarga Berencana merupakan salah satu program nasional yang menjadi bagian inovasi strategis Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara komprehensif dengan melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan berbagai instansi terkait lain. Hanya saja persoalannya, dalam implementasi di lapangan masih banyak sekali aspek yang belum tersentuh secara komprehensif, di antaranya adalah terkait dengan pembentukan generasi anti narkoba. Di sisi lain penyalahgunaan Narkotika dan Obat Terlarang lain di Indonesia, termasuk di Aceh, masih menjadi persoalan serius. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil lokasi di Banda Aceh dan Bireun. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, diskusi kelompok terfokus (FGD) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama lintas sektoral dalam pelaksanaan program-program Kampung KB di Aceh khususnya dalam mencegah dan mengurangi Narkoba masih menjadi persoalan. Sudah semestinya antara BKKBN, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Dinas Kesehatan bekerjasama lebih erat, terstruktur dan sistematis mengenai hal ini demi pembentukan generasi muda Aceh yang anti Narkoba dan memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mumtazul Fikri Fikri
Date Deposited: 08 May 2023 03:21
Last Modified: 08 May 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28706

Actions (login required)

View Item
View Item