Studi Evaluasi Program Pendidikan Diniyah Pada Sekolah Menengah Umum di Kota Banda Aceh

Mumtazul Fikri, .2030058202 (2023) Studi Evaluasi Program Pendidikan Diniyah Pada Sekolah Menengah Umum di Kota Banda Aceh. LPM UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sertifikat HKI dan Artikel : Studi Evaluasi Program Pendidikan Diniyah Pada Sekolah Menengah Umum di Kota Banda Aceh] Text (Sertifikat HKI dan Artikel : Studi Evaluasi Program Pendidikan Diniyah Pada Sekolah Menengah Umum di Kota Banda Aceh)
3. HKI & Karya Tulis_Studi Evaluasi Program Pendidikan Diniyah pada Sekolah Menengah Umum di Kota Banda Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Beberapa tahun terakhir ini dinamika perilaku remaja di kota Banda Aceh terlihat cukup fluktuatif dan sangat meresahkan. Pertama, diawali dengan temuan kasus penyebaran aliran sesat Millata Abraham di pada awal tahun 2011. Kasus ini cukup meresahkan masyarakat karena perkembangan dan penyebaran aliran ini didominasi oleh para remaja dan pelajar di kota Banda Aceh. Kasus ini direspon oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh dengan dikeluarkannya fatwa MPU Aceh tentang 14 aliran-aliran sesat yang dilarang berkembang di Aceh, dimana Millata Abraham menduduki posisi peringkat pertama. Kedua, masih di tahun yang sama (2011) adanya kasus anak-anak punk di Banda Aceh, kasus ini direspon dengan kebijakan Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Sa‟aduddin Jamal untuk mengkarantina sejumlah 65 anak punk untuk dibina di Sekolah Polisi Negara (SPN) Saree Aceh Besar, mereka sebelumnya ditangkap saat melakukan pesta malam di Taman Budaya Banda Aceh pada Sabtu malam tanggal 10 Desember 2011. Dari dua kasus diatas dapat disimpulkan bahwa adanya penyimpangan perilaku di kalangan remaja kota Banda Aceh. Kasus pertama menunjukkan penyimpangan pada akidah dan keimanan dalam memahami ajaran Islam yang benar, sedangkan kasus kedua menunjukkan penyimpangan perilaku dan akhlak pada remaja di Banda Aceh.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mumtazul Fikri Fikri
Date Deposited: 08 May 2023 03:21
Last Modified: 08 May 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28707

Actions (login required)

View Item
View Item