Pesantren Kejuruan: Suatu Alternatif Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam

Marzuki Abubakar, 2001018402 (2023) Pesantren Kejuruan: Suatu Alternatif Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. LPM UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of HKI dan Laporan Penelitian : Pesantren Kejuruan: Suatu Alternatif Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam] Text (HKI dan Laporan Penelitian : Pesantren Kejuruan: Suatu Alternatif Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam)
HKI & Pesantren Kejuruan Suatu Alternatif Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (365kB)

Abstract

Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembangunan masyarakat di Indonesia. Selain sebagai lembaga
pendidikan agama, Pesantren juga dituntut untuk berperan dalam pengembangan pendidikan umum untuk ikut andil dalam pembangunan negara secara utuh. Sebagian besar Pesantren yang ada di Aceh saat ini masih terpaku dengan kurikulum dasar yang dikhususkan hanya untuk pembelajaran ilmu agama Islam, ini karena tujuan lembaga pendidikan Pesantren masih terfokus pada menciptakan para Da’i dan Ulama. Selain memiliki kematangan dan kedalaman
ilmu agama, lulusan Pesantren juga dituntut memiliki skill agar dapat bersaing di dunia kerja. Oleh karena itu, Pesantren harus mengikuti kemajuan zaman dan memiliki kurikulum yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Sebagian bentuk dari Pesantren di Aceh yang telah mengalami perubahan, masih pada tahap menyesuaikan kurikulum Pesantren dengan kurikulum sekolah atau madrasah, tidak memiliki output yang berbeda dengan sekolah atau madrasah lainnya. Dengan demikian, sangat diperlukan adanya perubahan dengan mengembangkan Pesantren yang berbasis kejuruan. Sehingga lulusan Pesantren mampu bersaing dan dapat diandalkan di dunia kerja, baik di institusi pemerintah maupun swasta.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marzuki abubakar
Date Deposited: 08 May 2023 03:26
Last Modified: 08 May 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28712

Actions (login required)

View Item
View Item