Orang Aceh di Gayo: Studi terhadap relasi sosial keagaman suku Aceh dan Gayo di Aceh Tengah

Marzuki Abubakar, 2001018402 (2023) Orang Aceh di Gayo: Studi terhadap relasi sosial keagaman suku Aceh dan Gayo di Aceh Tengah. ARICIS II ICAIOS IV UIN Ar-Raniry Band Aceh (prosiding).

[thumbnail of Artikel Aricis : Orang Aceh di Gayo: Studi terhadap relasi sosial keagaman suku Aceh dan Gayo di Aceh Tengah] Text (Artikel Aricis : Orang Aceh di Gayo: Studi terhadap relasi sosial keagaman suku Aceh dan Gayo di Aceh Tengah)
combinepdf (7).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Aceh dan Gayo di Angkup serta menjelaskan pola relasi yang terbangun dalam interaksi sosial keagamaan suku Aceh dan Gayo di Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Relasi sosial keagamaan suku Aceh dan Gayo terjadi dalam
berbagai aktifitas ibadah, kegiatan keagamaan dan adat istiadat (kelahiran, perkawinan dan kematian), (2) Pola relasi yang terbentuk dari interaksi sosial masyarakat suku Aceh dan suku Gayo adalah pola integrasi, mereka bersatu, terintegrasi dalam sebuah masyarakat dengan tetap memiliki ciri utama dari masing-masing suku.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: marzuki abubakar
Date Deposited: 08 May 2023 03:26
Last Modified: 08 May 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28714

Actions (login required)

View Item
View Item