Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa melalui Penggunaan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri

Misbahul Jannah, 2004038203 (2023) Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa melalui Penggunaan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri. In: International Conference on Global Education IV, 8-9 Agustus 2016, Universiti Kebangsaan Malaysia.

[thumbnail of Meningkatkan  Sikap  Ilmiah  Mahasiswa  melalui  Penggunaan  Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri] Text (Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa melalui Penggunaan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Inkuiri)
Proceding 2016 ok.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sikap ilmiah mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui penggunaan modul pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen. Sebanyak 139 mahasiswa terlibat dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah mahasiswa berada pada tahap sedang. Dua sub konstruk yang hanya berada pada tahap tinggi adalah keingintahuan dan keterbukaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan sikap ilmiah berdasarkan jenis kelamin, yaitu mahasiswa perempuan mempunyai sikap ilmiah yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa laki-laki. Implikasi terhadap hasil penelitian ini dapat memberi dampak terhadap pengajaran dan pembelajaran pengetahuan lingkungan berbasis inkuiri dalam kelas. Oleh itu, penelitian ini menyarankan usaha pemupukan sikap ilmiah mahasiswa perlu ditingkatkan untuk mendapatkan calon guru yang dapat menjaga kelestarian alam.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misbahul Jannah Misbah
Date Deposited: 08 May 2023 03:24
Last Modified: 08 May 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28724

Actions (login required)

View Item
View Item