Pengaruh Pengangguran dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Tiga Kota di Provinsi Aceh)

Gusria Eliza, 180602076 (2022) Pengaruh Pengangguran dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Tiga Kota di Provinsi Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pertumbuhan Ekonomi] Text (Pertumbuhan Ekonomi)
Gusria Eliza, 180602076, FEBI, ES, 082249312268.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Terjadinya pertumbuhan ekonomi berkaitan erat dengan tinggi atau rendahnya pengangguran dan inflasi sehingga dapat memberikan pengaruh bagi pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi menurut perspektif ekonomi Islam meliputi setiap tingkatan pada konsep maqashid syariah seperti dharuriyyah, hajiyyah dan tahsiniyyah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pengangguran dan inflasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe dan Kota Meulaboh ditinjau dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dengan tiga model estimasi data panel yang datanya diambil dari tahun 2015-2021 per tahun. Untuk pengolahan data menggunakan Eviews10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengangguran tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Artinya, jika pengangguran meningkat atau menurun tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Secara parsial inflasi berpengaruh negatif dan signifikan 10% terhadap pertumbuhan ekonomi. Artinya, jika inflasi naik dapat menekan pertumbuhan ekonomi. Secara simultan pengangguran dan inflasi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe dan Kota Meulaboh ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Gusria Eliza Eliza
Date Deposited: 08 May 2023 02:46
Last Modified: 08 May 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

View Item
View Item