Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dengan Mengunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya

Kiki Para Dista, 170209093 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dengan Mengunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dengan Mengunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya] Text (Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dengan Mengunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya)
Kiki Para Dista, 170209093, FTKP, GMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Namun nyatanya, saat praktik di kelas guru cenderung mengabaikan model/metode pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi monoton yang menyebabkan siswa jenuh dan tidak terlibat aktif. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan keaktifan siswa ialah model Everyone Is A Teacher Here. Model ini menekankan siswa untuk mengumpulkan pengetahuan baru untuk berkreasi, berinovasi, dan mengembangkannya dengan cara mempresentasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas guru, siswa, dan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here menggunakan media gambar pada siswa kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi (aktivitas guru dan siswa), dan post-tes yang dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I 68,75% dan meningkat pada siklus II menjadi 91%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 624,1% dan meningkat pada siklus II menjadi 95%. Adapun hasil belajar siswa dengan model Everyone Is A Teacher Here siklus I memperoleh persentase 25% dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dengan mengunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV MIN 14 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kiki Para Dista Kiki
Date Deposited: 08 May 2023 02:53
Last Modified: 08 May 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28745

Actions (login required)

View Item
View Item