Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Software Blender Pada Materi Arus Dan Tegangan Listrik Bolak Balik Di SMA/MA

Trirahma Novalia Putri Arfa, 190204007 (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Software Blender Pada Materi Arus Dan Tegangan Listrik Bolak Balik Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Software Blender Pada Materi Arus Dan Tegangan Listrik Bolak Balik Di SMA/MA] Text (Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Software Blender Pada Materi Arus Dan Tegangan Listrik Bolak Balik Di SMA/MA)
Trirahma Novalia Putri Arfa, 190204007, FTK, PFS, 082213885853.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Materi arus dan tegangan listrik bolak-balik merupakan salah satu materi fisika yang relatif rumit. Secara umum, peserta didik menganggap materi arus dan tegangan listrik adalah salah satu materi fisika yang sulit dipahami. Kesulitan tersebut terletak pada media pembelajaran yang hanya menggunakan buku cetak saja dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi arus dan tegangan listrik yang bersifat abstrak. Sehingga dibutuhkan media video pembelajaran sebagai media pembelajaran selain buku cetak yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi arus dan tegangan listrik bolak-balik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) desain video pembelajaran berbasis software blender dan (2) kelayakan video pembelajaran berbasis software blender. Video pembelajaran menggunakan software blender sebagai perangkat lunak untuk membuat animasi, dengan mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dengan tiga tahapan meliputi (1) Tahap Planning (perencanaan), (2) Tahap Design (Perancangan), dan (3) Tahap Development (Pengembangan). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran berbasis software blender pada materi arus dan tegangan listrik bolak-balik dan penilaian kelayakan produk dikategorikan ke dalam kriteria sangat layak ditinjau dari hasil validasi ahli media dengan rata-rata persentase 90,35% dan hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata persentase 93,98%, sehingga dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Trirahma Novalia Putri Arfa
Date Deposited: 09 May 2023 02:29
Last Modified: 09 May 2023 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28763

Actions (login required)

View Item
View Item