Penataan Ruang Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MAN 4 Aceh Besar

Ira Octavia, 190206039 (2023) Penataan Ruang Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penataan Ruang Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MAN 4 Aceh Besar] Text (Penataan Ruang Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MAN 4 Aceh Besar)
Ira Octavia, 190206039, FTK, MPI, 082267730976.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Penataan ruang kelas sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena motivasi belajar mempengaruhi penataan ruang belajar, motivasi belajar peserta didik semakin meningkat apabila penataan ruang kelas di tata dengan sebaik mungkin, penataan tempat duduk dibeberapa kelas di MAN 4 Aceh Besar masih menggunakan penataan tempat duduk tradisional yaitu dengan pengaturan tempat duduk yang berjejer lurus kebelakang, dan jarang terjadinya perubahan penataan ruang kelas. Indikatornya dapat dilihat bahawa motivasi belajar yang rendah dikarenakan suasana kelas yang kurang mendukung. Akibatnya, menurunnya motivasi belajar peserta didik. Karenanya, masalah ini amat menarik untuk diteliti.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahuai model penataan ruang kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 4 Aceh Besar, (2) untuk mengetahui kendala dalam penataan ruang kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MAN 4 Aceh Besar, (3) untuk mengetahui solusi terhadap kendala dalam penataan ruang kelas dalam meningkatakan motivasi belajar peserta didik di MAN 4 Aceh Besar. Dilihat dari jenis bahan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah guru wali kelas dan siswa kelas X.3 X.4 dan XI.2. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penataan ruang kelas di atur oleh Guru kelas dan formasi tempat duduk disusun oleh peserta didik sesuai instruksi dari guru. Kendala dalam penataan ruang kelas dalam memotivasi belajar peserta didik karena kurangnya kesadaran dari peserta didik itu sendiri dalam belajar, hal lain karena faktor fasilitas yang masih ada beberapa yang belum terpenuhi , motivasi yang rendah dikarenakan suasana belajar yang kurang mendukung. Selanjutnya solusi terhadap kendala dalam penataan ruang kelas dalam memotivasi belajar peserta didik dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan melengkapi alat-alat peralatan kelas, dan guru harus kreatif dalam mengajak peserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam menata kelas yang mereka inginkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ira Octavia
Date Deposited: 09 May 2023 02:45
Last Modified: 09 May 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item
View Item