Analisis Penerapan Prinsip 5C pada Penilaian Kelayakan Pembiayaan Kepemilikan Rumah Sejahtera (Subsidi) pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram

Yuni Nurisza, 180603129 (2023) Analisis Penerapan Prinsip 5C pada Penilaian Kelayakan Pembiayaan Kepemilikan Rumah Sejahtera (Subsidi) pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Penerapan Prinsip 5C pada Penilaian     Kelayakan Pembiayaan Kepemilikan Rumah     Sejahtera (Subsidi)] Text (Analisis Penerapan Prinsip 5C pada Penilaian Kelayakan Pembiayaan Kepemilikan Rumah Sejahtera (Subsidi))
Yuni Nurisa, 180603129, FEBI, PS, 081329846013.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis penerapan prinsip 5C yang dilakukan untuk menilai kelayakan nasabah sebelum mengambil pembiayaan kepemilikan rumah sejahtera (subsidi) dengan menggunakan akad murabahah dan untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Data ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa PT. Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram sudah menerapkan prinsip kehati-hatian, yang dilakukan sebelum menilai kelayakan nasabah dengan menggunakan prinsip 5C yang berupa (character, capacity, capital, collateral, condition of economy). Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram prinsip 5C sudah dilakukan sesuai dengan SOP tetapi pada prinsip 5C character dan condition of economy pihak bank tidak bisa memprediksi untuk kedepannya akan sifat kejujuran nasabah dan kondisi perekonomian nasabah di kemudian hari. Maka dari itu terdapat kendala-kendala yang disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal yang berasal dari Bank Aceh Syariah itu sendiri dan fator eksternal yang berasal dari nasabah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Yuni Nurisza Yuni
Date Deposited: 09 May 2023 03:06
Last Modified: 09 May 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28774

Actions (login required)

View Item
View Item