Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Sole Dengan Blended Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Di SMKN 1 Darul Kamal

Sufriani, 170211026 (2023) Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Sole Dengan Blended Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Di SMKN 1 Darul Kamal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Sole Dengan Blended Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Di SMKN 1 Darul Kamal] Text (Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Sole Dengan Blended Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Di SMKN 1 Darul Kamal)
Sufriani, 170211026, FTK, PTE, 082274499199.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Dampak dari covid-19 berpengaruh pada proses pembelajaran di sekolah. Salah satunya mengurangi jadwal belajar di kelas sehingga peserta didik tidak cukup waktu untuk mendapatkan materi. Sehingga diterapkan model pembelajaran SOLE dan Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran SOLE dengan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas XI teknik instalasi tenaga listrik dengan jumlah peserta didik sebanyak 9 peserta didik. Metode penelitian adalah metode terapan dengan desain one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dan angket. Hasil data penelitian ini didapatkan model SOLE pretest 53,88 dan nilai posttest sebesar 71,66, dengan persentase kenaikan sebesar 32,9%. Sedangkan model pembelajaran Blended Learning perolehan pretest sebesar 58,33 dan nilai posttest sebesar 75,55. Persentase kenaikan sebesar 29,5%. Hasil analisis kedua model terlihat bahwa model pembelajaran SOLE lebih memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dari pada model pembelajaran blended learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Sufriani Ani
Date Deposited: 10 May 2023 02:40
Last Modified: 10 May 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28805

Actions (login required)

View Item
View Item