Penerapan Konseling Individual Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh

Mauliza Atika`, 180213068 (2023) Penerapan Konseling Individual Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Konseling Individual Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh] Text (Penerapan Konseling Individual Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 7 Banda Aceh)
Mauliza Atika, 180213068, FTK, BK, 082252122310.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dasar seseorang untuk mengenali dan menggunakan emosi. Apabila siswa tidak memiliki emosional yang matang dalam arti kecerdasan emosional masih rendah maka akan dapang menghambat perkembangan baik dalam bidang individu maupun sosial. Namun yang terjadi di SMAN 7 Banda Aceh ada beberapa siswa yang kecerdasan emosionalnya masih rendah sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional tersebut dengan menggunakan bimbingan individu teknik biblio-counseling berbasis cerita rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk tingkat kecerdasan siswa SMAN 7 Banda Aceh sebelum bimbingan individu dengan teknik biblio-counseling berbasis cerita rakyat, sesudah bimbingan individu dengan teknik biblio-counseling berbasis cerita rakyat, cerita rakyat yang dapat digunakan, dan proses bimbingan individu dengan teknik biblio-counseling berbasis cerita rakyat dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Metode penelitian menggunakan mixed methods. Populasi seluruh kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh dengan jumlah 33 siswa. teknik pengambilan sampel menggunakan proposive sampling dengan jumlah sampel 3 siswa yang memiliki nilai terendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kecerdasan emosional yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dan hasil uji-t serta didukung dari hasil wawancara dengan siswa yang mendapatkan perlakuan. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik biblio-counseling berbasis cerita rakyat dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa SMAN 7 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mauliza Atika
Date Deposited: 10 May 2023 02:43
Last Modified: 10 May 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28807

Actions (login required)

View Item
View Item