Hubungan Idarah Dengan Transparansi Keuangan Masjid Al-Istiqamah Kemukiman Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Basar.

Naurah Nadhifah, 170403031 (2023) Hubungan Idarah Dengan Transparansi Keuangan Masjid Al-Istiqamah Kemukiman Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Basar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Idarah Dengan Transparansi Keuangan Masjid Al-Istiqamah Kemukiman Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Basar] Text (Hubungan Idarah Dengan Transparansi Keuangan Masjid Al-Istiqamah Kemukiman Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Basar)
Naurah Nadhifah, 170403031, FDK, MD, 082360300259.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Hubungan Idarah dengan Transparansi Keuangan Masjid Al- Istiqamah Kemukiman Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar”. Idarah berarti administrasi, yaitu tata laksana administrasi yang meliputi surat menyurat, kegiatan, pendataan, keuangan dan sarana. Pengurus masjid harus terbuka kepada jamaah setiap pengeluaran dan pemasukan yang diperlukan di masjid. Kenyataannya pada saat ini pengurus masjid kurang terbuka tentang hal tersebut. Permasalahan di skripsi ini adalah hubungan idarah dengan transparansi keuangan Masjid Al-Istiqamah Kemukiman Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel idarah(X) dengan variabel transparansi keuangan(Y). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitiam kuantitatif lebih berdasarkan pada data yang di hitung untuk menghasilkan penafsiran kuantitatif. Dalam penelitian ini untuk menentukan responden dengan cara pembagian angket dengan skala likert dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, sampel penelitian ini ditetapkan 100 orang jamaah. Teknik yang digunakan untuk mengolah data adalah dengan cara pengujian validitas, reabilitas, normalitas, normalitas residual, homogenitas dan heteroskedartisitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji korelasi, uji determinasi, dan uji signifikansi/uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara idarah dengan transparansi keuangan, dibuktikan dengan uji validitas dengan ketetapan r hitung > r tabel, nilai r tabel sebesar 1,98447. Terdapat nilai konsistensi dalam pengukuran, hal tersebut dapat dilihat dari nilai cronbach alpha lebih besar dari 0,05. Pada saat uji hipotesis (uji t), menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, terbukti dari ketetapan nilai t hitung > t tabel = 10.436 > 1,98447. Besarnya Hubungan Idarah dengan Transparansi Keuangan Masjid Al-Istiqamah Kemukiman Kueh. Hal ini terbukti bahwa nilai R square adalah 0,526 yang menunjukkan bahwa variabel X berhubungan dengan variabel Y sebesar 52,6% atau keeratan hubungannya rendah dan sisanya disebabkan oleh faktor hubungan lainnya sebesar 47,8%. Dapat disimpulkan bahwa idarah memiliki hubungan positif dengan transparansi keuangan Masjid Al-Istiqamah Kemukiman Kueh Kecamatan Lhoknga Kabupate Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Idarah, Transpransi Keuangan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Naurah Nadhifah
Date Deposited: 10 May 2023 02:48
Last Modified: 10 May 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28809

Actions (login required)

View Item
View Item