Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 10 Pidie Jaya

Nur Aswani, 140209155 (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 10 Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 10 Pidie Jaya] Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV MIN 10 Pidie Jaya)
Nur Aswani, 140209155, FTK, PGMI, 085296537349.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi pasif hal ini ternyata membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi serta siswa kurang dapat menyerap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar menjadi rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas guru serta siswa adalah dengan mengunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan media gambar, untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan media gambar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran terhadap penerapan model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 10 Pidie Jaya yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar obeservasi untuk guru dan lembar observasi untuk siswa, serta post test (tes akhir). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 75,89% (baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,60% (baik sekali). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 73,38% (baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,12% (baik sekali). Sedangkan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I hanya 10 siswa yang tuntas dengan nilai
58,82% dan tidak tuntas 7 siswa dengan nilai 41,18%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 15 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 88,23% dan 2 siswa tidak tuntas dengan nilai 11,77%. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV MIN 10 Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Aswani Nur
Date Deposited: 10 May 2023 02:47
Last Modified: 10 May 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item
View Item