Pengelolaan Alokasi Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat Dari Segi Maqashid Syariah (Studi Pada Desa Lamjamee Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh)

Syahrul Ramadhan, 170602069 (2022) Pengelolaan Alokasi Dana Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat Dari Segi Maqashid Syariah (Studi Pada Desa Lamjamee Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Maqashid Syariah] Text (Maqashid Syariah)
Syahrul Ramadhan, 170602069, FEBI, ES, 082272089686.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu indikator pembangunan desa dapat dilakukan dengan pemanfaatan Alokasi Dana Desa. Alokasi Dana desa berfungsi untuk mempercepat pembangunan tingkat desa baik pembangunan fisik (sarana prasarana) maupun sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam mensejahterakan masyarakat ditinjau dari segi Maqashid Syariah di Gampong Lamjamee Kecamatan Jaya Baru. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 28 orang yang berasal dari aparatur desa dan masyarakat Gampong Lamjamee. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Alokasi Dana Desa untuk pembangunan yang dilakukan oleh aparatur desa belum sepenuhnya maksimal dalam membantu masyarakat Gampong Lamjamee dalam mensejahterakan masyarakat. Penggunaan Alokasi Dana Desa untuk mensejahterakan masyarakat sudah cukup maksimal dilihat dari pembangunan yang dilakukan sudah cukup memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya dan dengan adanya pemberian pinjaman modal kepada masyarakat yang membutuhkan untuk modal usaha ditambah dengan adanya anggaran yang diperuntukan untuk pemberdayaan kemampuan masyarakatnya terutama ibu-ibu PKK yang mayoritasnya adalah ibu rumah tangga. Oleh karena itu penggunaan alokasi dana desa di Gampong Lamjamee sudah dapat dikatakan mampu mensejahterakan masyarakatnya walaupun belum sepenuhnya maksimal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Syahrul Ramadhan Syahrul
Date Deposited: 10 May 2023 02:50
Last Modified: 10 May 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28811

Actions (login required)

View Item
View Item