Analisis Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan UMKM dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pengusaha Warung Kopi di Kota Banda Aceh)

Ihya Ulumuddin, 201008022 (2023) Analisis Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Lama Usaha Terhadap Pendapatan UMKM dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pengusaha Warung Kopi di Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pendapatan UMKM] Text (Pendapatan UMKM)
Ihya Ulumuddin, 201008022, PPS, 081269237878.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pengusaha merupakan seseorang yang melakukan kegiatan jual beli atau produksi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan, salah satunya pengusaha warung kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh modal, tenaga kerja, lama usaha terhadap pendapatan UMKM pengusaha warung kopi dalam perspektif ekonomi Islam di Kota Banda Aceh dan pengaruh modal, tenaga kerja, dan lama usaha berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan UMKM pengusaha warung kopi dalam perspektif ekonomi Islam di Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan tergolong dalam penelitian asosiatif kausal, karena menganalisis hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus Taro Yamane sebanyak 257 pengusaha warung kopi di Kota Banda Aceh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket (kuesioner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan anatara modal, tenaga kerja, dan lama usaha terhadap pendapatan UMKM dalam perspektif Islam pada pengusaha warung kopi Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ihya Ulumuddin Ihya
Date Deposited: 10 May 2023 03:58
Last Modified: 10 May 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28819

Actions (login required)

View Item
View Item