Islam Antara ‘Aqidah, Syari’ah Dan Akhlaq

Hasanuddin Yusuf Adan, 2019076201 (2020) Islam Antara ‘Aqidah, Syari’ah Dan Akhlaq. Bandar Publishing Lamgugop Banda Aceh, Banda Aceh. ISBN 978-623-90813-4-8

[thumbnail of Buku  Islam antara Akidah Syariah dan Akhlak 22 September 2020.pdf] Text
Buku Islam antara Akidah Syariah dan Akhlak 22 September 2020.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Islam Sebagai agama tauhid telah ditetapkan kehadirannya oleh Allah dalam kitab-kitab sebelum hadirnya kitab suci Al-Qur’an. Kehadiran Islam menjadi solusi penghambaan diri ummat manusia kepada Allah semata-mata di tengah maraknya ummat manusia menyembah berhala, api, matahari dan semacamnya. Kehadiran Islam membawa konsep ‘aqidah, konsep syari’ah dan konsep akhlaq sebagai pegangan dan tempat bersandar seluruh ummat Islam dan ummat manusia seantero dunia. Islam merupakan agama satu-satunya yang diakui kebenaran dan kesempurnaannya oleh Allah SWT.
Penelitian ini menggunakan metode campuran antara kualitatif, historis dan agamis di mana perolehan data secara optimal dan maksimal dapat diproses untuk kemudian disajikan kepada para pembaca. Perolehan data di lapangan khusus menggunakan langkah penelitian perpustakaan dan observasi, dengan demikian menjadi mudah dan efektif waktu dalam penyelesaian penelitian ini. Semoga penggunaan metode tersebut membuat mudah menggapai sasaran dan tujuan dari penelitian itu sendiri.
Perolehan data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen aqidah dalam kehidupan seorang muslim sangat menentukan dan sangat strategis untuk menyelamatkan ummat Islam baik di dunia maupun di akhirat. Dengan aqidah yang kuat dapat memperkokoh keyakinan dengan Islam, demikian juga dengan komponen syari’ah yang menjadi pemberi arah bagi kehidupan ummat Islam membuat Islam semakin kekal dan mantap. Apalagi ketika digabungkan dengan akhlaq Islam yang jauh dari Islam itu sendiri. Untuk itu semua, marilah melihat dan memasuki Islam secara kaffah (sempurna) dalam berbagai dimensi kehidupan baik yang terkait dengan aqidah, syari’ah maupun akhlak. Makna kaffah di sini adalah seorang muslim berada dalam agama Islam mestilah berkapasitas orang-orang suci dan jangan sampai terurai bukan pada tempat dan masanya.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Hasanuddin Yusuf Adan
Date Deposited: 12 May 2023 01:36
Last Modified: 12 May 2023 01:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28822

Actions (login required)

View Item
View Item