Andil Pusa Untuk Bangsa dan Negara

Hasanuddin Yusuf Adan, 2019076201 (2017) Andil Pusa Untuk Bangsa dan Negara. 'Adnin Foundation Publisher Aceh. ISBN 978-623-90813-0-0

[thumbnail of buku pusa HYA.pdf] Text
buku pusa HYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (937kB)

Abstract

Ketika Aceh berada dalam masa penjajahan Belanda dalam tahun empatpuluhan para ulama visioner dan modern Berjaya mendirikan satu organisasi yang diberi nama Persatuan Ulama Seluruh Aceh (PUSA). Awalnya organisasi ini lahir untuk memajukan pendidikan di Aceh dan untuk mepersatukan kehidupan rakyat Aceh dalam bingkai sunnah Rasulullah SAW, namun selaras dengan derasnya upaya penjajahan oleh Belanda terhadap Aceh, PUSA tidak dapat melepaskan diri melainkan ikut memainkan perannya dalam pembebasan bangsa dan Negara dari penjajahan kaum salibiyah tersebut.
Penelitian ini memaparkan metode kualitatif dalam upaya memperoleh data di lapangan untuk keperluan data yang diperlukan. Hasil penelitian menemukan PUSA telah Berjaya membangun bangsa lewat jalur pendidikan, jalur dakwah dan jalur pergerakan dalam arti melawan penjajahan dan perbudakan untuk pembebasan bangsa dan Negara. Gerakan tersebut PUSA berhadapan dengan kebangkitan ideologi Komunis, berhadapan dengan penjajahan bangsa asing terhadap Aceh seperti Belanda dan Jepang.
Walaubagaimanapun PUSA telah menanam andilnya untuk bangsa dan Negara melalui kerja nyatanya baik dalam upaya melawan penjajah sehingga Negara merdeka maupun lewat jalur pendidikan dan dakwah yang memberi pencerahan dan pengetahuan positif kepada anak bangsa sekalian. Andil PUSA kini raib dalam perjalanan masa sehingga tidak banyak orang mengetahuinya, malah ada sebahagian orang yang jahat dan tidak paham sejarah PUSA menyebarkan fitnah lewat media sosial dengan informasi salah terhadap PUSA. Mereka mengatakan Aceh mundur kebelakang selama dipimpin para ulama PUSA padahal yang terjadi sebaliknya Aceh maju jaya di bawah pemerintahan PUSA.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Hasanuddin Yusuf Adan
Date Deposited: 12 May 2023 01:37
Last Modified: 12 May 2023 01:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28827

Actions (login required)

View Item
View Item